warna warni kehidupan

hidup itu indah adanya
Subscribe

Safety Induction

December 10, 2010 By: andry Category: serba serbi pemboran

Melanjutkan posting saya sebelumnya tentang KESELAMATAN KERJA, dalam satu semester ini merupakan masa berkabung buat perusahaan tempat saya bekerja karena begitu banyak accident yang terjadi yang akhirnya sangat merugikan secara mental dan financial baik terhadap korban maupun perusahaan.

SAFETY SAFETY SAFETY
SAFETY FIRST
SAFETY YES!!! ACCIDENT NO!!!!

Sebenarnya semboyan- semboyan ini bukan hal yang baru di dunia perminyakan, tapi ya itu, karena berbagai hal, kecelakaan tetap saja terjadi dan sebagian besar adalah karena kondisi UNSAFETY ACT dari pekerja yang bersangkutan.

Untuk meminimalisasi hal tersebut, ada suatu STANDARD bahwa setiap pekerja yang akan masuk ke lokasi atau wilayah kerja PT. Pertamina EP harus medapatkan SAFETY INDUCTION dari Fungsi HSE wilayah setempat dalam rangka mengenali secara mendalam UNSAFETY ACT dan UNSAFETY CONDITION yang ada di lokasi.

Perjalanan dinas saya saat ini ke Lokasi pemboran Tapian Timur, Field Tanjung PT. Pertamina EP.
Sebelum masuk ke lokasi, saya berkewajiban untuk mengikuti safety induction oleh Fungsi HSE Field Tanjung.
Setelah dijelaskan secara detail, maka pekerja harus menandatangani dokumen sebagai tanda bahwa pekerja (penerima orientasi) tersebut sudah mengerti dan memahami penjelasan dari pemberi orientasi, berikut contohnya :

Setelah prosesi tersebut, barulah saya diijinkan untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi pemboran Tapian dengan harapan bahwa saya bisa mencegah terjadinya accident di tempat saya bekerja.

Demikian sharingnya, semoga bermanfaat karena saya lihat di beberapa tempat, prosesi ini sering terlewatkan.
Seharusnya, walaupun saya berkali-kali bolak balik ke Field Tanjung, tetap dibutuhkan SAFETY INDUCTION tersebut untuk senentiasa mengingatkan saya sebelum masuk ke lokasi pemboran yang HIGH RISK.

Leave a Reply