warna warni kehidupan

hidup itu indah adanya
Subscribe

Peralatan Sirkulasi (Circulating Equipment) dalam Teknik Pemboran

November 29, 2010 By: andry Category: serba serbi pemboran

Dalam buku-buku pemboran banyak yang berbicara dan membahas tentang peralatan sirkulasi, tapi pada umumnya hanya pembahasan panjang lebar yang bagi pemula sangat sulit membayangkan kondisi dan peralatan yang sebenarnya, apalagi untuk yang belum pernah ke lapangan. Dengan posting ini, saya coba lengkapi dengan gambar2 yang nyata dengan harapan si pembaca bisa mem-visualisasi-kan dalam pikirannya.
Demikian sekilas tentang peralatan sirkulasi tersebut :

Salah satu bagian utama dalam teknik pemboran adalah Sistem Sirkulasi. Sistem Sirkulasi ini didukung oleh peralatan – peralatan yang disebut Circulating Equipment.
Lumpur pemboran disalurkan dari Tangki Lumpur ke dalam lubang bor dengan menggunakan Pompa Lumpur melalui rangkaian pemboran hingga sampai ke pahat, naik kembali ke permukaan melalui annulus antara pipa pemboran dan dinding lubang, dan kembali ke Tangki Lumpur untuk dikondisikan lagi agar lumpur siap untuk dipompakan ke lubang bor kembali

Peralatan sirkulasi antara lain :

1. Tangki Lumpur, adalah tempat untuk membuat, menyimpan dan mengkondisikan lumpur yang akan digunakan dalam operasi pemboran.
Tangki ini dilengkapi dengan mixing hopper untuk pembuatan lumpur, mud gun dan agitator yang berguna untuk pengadukan lumpur, dan peralatan solid control :
– Shale shaker
– Degasser
– Desander
– Desilter
– kadang2 dilengkapi dengan Centrifuge

2. Pompa Lumpur, berfungsi untuk mensirkulasikan lumpur pemboran dari tangki lumpur sampai dasar lubang, melalui discharge line, stand pipe, Rotary Hose, rangkaian bor, bit, dan selanjutnya keluar dari dasar lubang ke permukaan melalui annulus lubang bor sampai masuk ke dalam tangki lumpur kembali.

3. Suction line dan Discharge line pompa, merupakan pipa penyalur dari tangki ke pompa dan dari pompa ke Surface line dan Stand pipe.

4. Stand Pipe, adalah suatu pipa baja dijepit secara vertical di samping menara Rig yang menghubungkan discharge line dengan Rotary Hose.

5. Rotary Hose, merupakan sebuah selang karet bertulang anyaman baja yang lemas dan sangat kuat terhadap benturan, guncangan dan tekanan tinggi, yang menghubungkan pipa tegak dengan Swivel.

demikian sekilas tentang peralatan sirkulasi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply